Selasa, 17 Januari 2017

Bab 12-Teknik Analisis Meramalkan Kas Perusahaan

TEKNIK ANALISIS MERAMALKAN KAS PERUSAHAAN
Wafa Atika Warsono
27216576
IT-022234

Bismllahirrahmanirrahim...
          Penulisan ini dibuat oleh penulis dengan tujuan agar mahasiswa mampu menganalisis keuangan perusahaan dalam memprediksi jumlah kas yang dibutuhkan perusahaan. Penulisan ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas dari Mata Kuliah Pengantar Bisnis (softskill). Materi yang akan dibahas dalam penulisan kali ini adalah mengenai TEKNIK ANALISIS MERAMALKAN KAS PERUSAHAAN yang didalamnya terdapat beberapa sub bahasan diantaranya yaitu tentang keuangan perusahaan, biaya-biaya estimasi seperti estimasi kas, penjualan, produksi, pembelian dan pemakaian bahan langsung, beban fabrikase, harga pokok penjualan dan penjualan, beban administrasi, dan estimasi laba rugi. Dengan adanya penulisan ini diharapkan para pembaca mampu menganalisis keuangan perusahaan dengan baik dengan memrediksikan berapa jumlah kas yang dibutuhkan oleh si perusahaan. Metode penulisan yang dilakukan adalah dengan melakukan tinjauan dari berbagai macam web selain blog, dan wikipedia, melainkan menggunakan buku-buku lengkap dari sumber yang terpercaya.

          Teknik analisis meramalkan kas perusahaan adalah teknik untuk mengetahui keadaan sehat atau tidaknya kas pada perusahaan di masa mendatang ataupun sekarang. Adanya teknik analisis meramalkan kas perusahaan ini juga memiliki fungsi, diantaranya :
     1. Menilai apakah kinerja perusahaan sesuai dengan target umum perusahaan itu sendiri dan harapan investor
     2. Mengestimasi dampak dari perubahan operasi Estimasi Penjualan
     3. Mengantisipasi kebutuhan pendanaan perusahaan di masa depan
     4. Menentukan rencana yang memaksimalkan nilai pemegang saham
          1. KEUANGAN PERUSAHAAN
          Keuangan perusahaan atau lebih dikenal dengan corporate finance adalah bidang keuangan yang berurusan dengan keputusan pendanaan perusahaan bisnis membuat dan alat dan analisis yang digunakan untuk membuat keputusan. Tujuan utama dari keuangan perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan sambil mengelola perusahaan keuangan resiko.
          Perusahaan keuangan merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi utama menyalurkan dana dari yang surplus/berlebih kepada mereka yang kekurangan dana. Adapun jenis-jenis perusahaan keuangan adalah sebagai berikut :
    a. Bank Komersial : lembaga simpanan yang memiliki assets utama berupa pinjaman dan kewajiban utama lain yaitu tabungan.
    b. Thrifts : lembaga simpanan dalam bentuk tabungan atau pinjaman.
    c. Perusahaan Asuransi : lembaga keuangan yang menjaga individu dan perusahaan dari kejadian buruk.
    d. Perusahaan Sekuritas dan Bank Investasi : lembaga keuangan yag menjamin sekuritas dan terlibat dalam kegiatan sehubungan seperti broker surat berharga, jual beli surat berharga, dll.
    e. Perusahaan Pembiayaan : lembaga penghubung kauangan yang memberi pinjaman kepada individu dan bisnis

          2. ESTIMASI PENJUALAN
          Estimasi penjualan atau ramalan penjualan merupakan dasar perencanaan bagi berbagai aktivitas di perusahaan. Atau bisa disebut juga sebagai ramalan unit dan nilai uang penjualan suatu perusahaan. penyusunan perencanaan keuangan apabila disajikan dengan benar, maka informasi tersebut akan berguna bagi pihak manajemen perusahaan dalam rangka pengembangan usaha yang dilakukan. Apabila perencanaan keuangan dilakukan secara tepat maka pihak manajemen perusahaan mampu untuk berusaha secara maksimal dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

          3. ESTIMASI PRODUKSI
        Estimasi produksi atau aggaran produksi adalah anggaran penjualan yang disesuaikan terhadap perubahan persediaan. Untuk menghitung anggaran produksi, diperlukan beberapa data yang digunakan dalam proses penghitungan. Data yang diperlukan antara lain :
     1. Data yang telah dihitung dalam anggaran produksi
     2. Biaya Bahan Baku (BBB)
     3. Biaya overhead pabrik (BOP)
     4. Biaya tenaga kerja langsung (BTKL)

          4. ESTIMASI PEMBELIAN BAHAN LANGSUNG
          Estimasi pembelian bahan langsung adalah pembelian barang secara langsung, baik secara langsung maupun sistem online. Estimatis ini sangat menguntungkan bagi penjual maupun pembeli. Karena penjual bisa memprodukkan barang dagangannya dengan cara sistem online, dan si pembeli juga dapat lebih menguntungkan dan menghematkan, karena pembeli tidak perlu meluangkan waktu yang lama untuk datang dan pergi kesana. Cukup hanya dengan berada didepan komputer dan memilih barang mana yang akan dibelinya. Lalu mentransferkan jumlah uang yang sudah tertera, dengan cara seperti itu pihak pembeli maupun pihak penjual dapat memperoleh keuntungan.

          5. ESTIMASI PEMAKAIAN BAHAN LANGSUNG
         Estimasi pemakaian bahan langsung adalah biaya yang dikeluarkan untuk membiayai bahan baku, bahan pembantu, dan bahan penunjang produksi. Atau bisa juga diartikan sebagai barang yang bisa langsung digunakan tanpa memerlukan proses terlebih dahulu, atau barang yang sudah dibeli langsung dapat dirasakan manfaatnya. Contohnya : pakaian, mobil, makanan, minuman, dll.

          6. UPAH LANGSUNG
         Upah langsung adalah upah yang diberikan dari atasan atau manajer secara langsung kepada para pekerja setelah mereka melakukan apa yang menjadi kewajiban mereka sebagai pekerja dalam bentuk uang, tidak dilakukan dengan sistem kartu kredit. Selain upah langsung dalam proses produksi sering terjadi pembayaran untuk upah tidak langsung, misalnya : upah pemeliharaan mesin pabrik, penangan material, insinyur dan lainnya. Namun, saat ini banyak perusahaan membayar para karyawan pabriknya dengan sistem gaji tetap perbulan.

          7. ESTIMASI BEBAN FABRIKASE
        Estimasi beban fabrikase adalah estimasi yang menjelaskan tentang beban fabrikasi. Atau dapat diartikan sebagai bahan baku tidak langsung, tenaga kerja tidak langsung, dan semua biaya pabrik lainnya yang tidak dapat secara nyaman diidentifikasikan dengan atau dibebankan langsung ke pesanan, produk, atau objek biaya lain yang spesifik.

          8. ESTIMASI HARGA POKOK PENJUALAN
          Harga pokok penjualan adalah harga yang sudah mutlak atau harga pokok barang yang dijual tanpa bisa mengalami perubahan, harga ini sudah mutlak di berikan oleh penjual kepada pembeli agar tidak terjadi negosiasi dalam penjualan barang tersebut atau dapat berarti juga sebagai ringkasan dari anggaran produksi dengan memerhatikan tingkat persediaan akhir.

          9. ESTIMASI BEBAN PENJUALAN
          Estimasi beban penjualan adalah beban si penjual karena karena terdapat beberapa faktor yang membuat perusahaan atau si penjual oleh pihak-pihak tertentu. Misalnya beban pajak, kerusakan barang-barang, apapun yang membuat perusahaan menjadi beban.

          10. ESTIMASI BEBAN ADMINISTRASI
          Estimasi beban administrasi adalah beban yang umumnya terjadi pada personalia, bagian keuangan, dan bagian umum. Beban administrasi perusahaan yang fokus dari kepentingan politik pada saat ini. Penyebab utama dari ukuran biaya administrasi di sektor pekerjaan sementara adalah :
     1. Tingginya jumlah pekerja pekerjaan sementara dan tingginya laju perubahan pada pekerja pekerjaan sementara.
     2. Perubahan undang-undang banyak dan perubahan kecil yang menghadapi sektor pekerjaan sementara.
     3. Penerapan sistem pembayaran remunerasi mingguan, yang melekat pada penggunaan pekerjaan flex.

          11. ESTIMASI LABA RUGI
          Rekening-rekening laporan laba rugi adalah suatu laporan yang sistematis tentang penghasilan, biaya, rugi laba yang diperoleh oleh perusahaan pada periode tertentu. Atau bisa juga diartikan sebagai laporan keuangan suatu perusahaan yang menunjukkan keuntungan atau kerugian dimana semua laporan keuangan ditunjukan pada estimasi ini, karena dengan estimasi ini perusahaan bisa mengetahui apakah perusahaan ini mendapatkan keuntungan (laba) atau memperoleh kerugian, yaitu meliputi :
     => Laba merupakan kenaikan modal saham yang dimiliki oleh perusahaan yang berasal dari pendapatan operasional perusahaan
    => Rugi merupakan penurunan modal saham yang diakibatkan dari transaksi yang dilakukan oleh perusahaan pada suatu periode tertentu.

          12. ESTIMASI KAS
          Estimasi kas adalah laporan keuangan yang menunjukkan berapa uang yang dimiliki oleh perusahaan itu, karena dengan adanya kas perusahaan dapat mengetahui berapa jumlah uang atau kas yang ada, apakah perusahaan tersebut memperoleh keuntungan atau kenaikan kas atau bahkan memperoleh penurunan kas. Atau secara lebih sederhana dapat disimpulkan estimasi kas merupakan kas bersih yang keluar dan masuk ke dalam suatu perusahaan.


KESIMPULAN
          Teknik analisis meramalkan kas perusahaan adalah teknik untuk mengetahui keadaan sehat atau tidaknya kas pada perusahaan di masa mendatang ataupun sekarang. Teknik ini juga memiliki beberapa fungsi seperti yang telah saya jelaskan diatas. Keuangan perusahaan atau lebih dikenal dengan corporate finance adalah bidang keuangan yang berurusan dengan keputusan pendanaan perusahaan bisnis membuat dan alat dan analisis yang digunakan untuk membuat keputusan. Tujuan utama dari keuangan perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan sambil mengelola perusahaan keuangan resiko.
          Ada yang disebut keuangan perusahaan dan ada juga yang disebut perusahaan keuangan, perusahaan keuangan terdiri dari beberapa jenis.
          Dan ada juga yang disebut estimasi. Estimasi adalah sebuah proses pengulangan. Ada 3 teknik yang dilakukan untuk melakukan estimasi, yaitu :
     1. Keputusan Profesional
     2. Sejarah
     3. Rumus-Rumus
          Estimasi yang ada mempunyai fungsi, tujuan dan kegunaan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan yang akan diperlukan oleh perusahaan tersebut.


REFERENSI
http://dokumen.tips/documents/bab-12-teknik-analisis-meramalkan-kas-an.html (diakses tgl 18 Januari 2017 jam 09.30)
http://www.academia.edu/16536931/PENGANTAR_BISNIS (diakses tgl 18 Januari 2017 jam 09.30)
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=16&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjVpcPdysrRAhVILI8KHds-BFU4ChAWCDgwBQ&url=http%3A%2F%2Fyananto.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F29272%2FBAB%2B12.ppt&usg=AFQjCNFh1naeEAtAbMCh9yId4wCvHATh8g&sig2=k-O6nukf0wiZjugwvbBleA&bvm=bv.144224172,d.c2I (diakses tgl 18 Januari 2017 jam 09.00)

0 komentar:

Posting Komentar